Langsung ke konten utama

LAYANAN AKIKAH SYAR'I MURAH DI NURUL HAYAT JEMBER,



Pengertian Akikah

Akikah, Aqiqah, Aqiqoh, adalah serangkaian ajaran Nabi Muhammad SAW untuk anak yang baru lahir yang terdiri ata smencukur rambut, memberi nama dan menyembelih hewan.

1. Dasar Hukum

1. Rasulullah pernah berkata kepada Fathimah, "Jangan engkau mengakikahinya tetapi cukurlah rambutnya". (HR Tirmidzi). dalam konteks Hadist tersebut menjelaskan bahwa disunnahkan dan dianjurkan Akikah,sebab Rasululah sendiri telah mengakikahi Hasan Dan Husein.


2. Ashhabus sunan meriwayatkan:
Bahwa Nabi SAW memnakikahkahn Hasan dan Husen (cucunya dari Fathimah-pen) masaing-masing seekor kambing habsyi

3. مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى
Artinya; "setiap anak bersama akikahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah daripadanya kotoran dan najis" (HR Shahih Bukhori)

4. أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ
Artinya; Rasulullah Saw memerintahkan mereka agar berakikah dua ekor kambing yang sepadan yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan sekor kambing untuk bayi perempuan
Sedangkan untuk syarat hewan Akikah adalah sama dengan hewan yang di sembelih untuk Qurban, dari segi usia dan kreterianya.

 2.Syarat Hewan Akikah

1. Imam Malik berkata; "Akikah itu seperti layaknya nusuk (sembelihan denda larangan haji) dan udhiyah (kurban), tidak diperbolehkan dalam hal ini hewan yang sakit, kurus, picak dan patah tulang

2. bnu Abdul Barr berkata: “Para ulama telah ijma’ bahwa pada hewan aqiqah ini tidak diperbolehkan hal-hal atau apa-apa yang tidak diperbolehkan dalam udhhiyah, harus dari Al-Azwaj Ats-Tsamaniyyah, yaitu domba, kambing, sapi, dan onta, kecuali pendapat yang ganjil yang tidak dianggap”.

3. Imam Asy-Syafi’i berkata: “Dan cacat pada hewan untuk aqiqah harus dihindari sebagaimana yang tidak diperbolehkan dalam halam hewan qurban”.


Memiliki buah hati adalah sangat menyenangkan bagi orang tua. Serta salah satu tujuan dari berkeluarga adalah memiliki keturunan yang menyejukkan hati. 

kami melayani layanan Akikah Nurul Hayat Jember dengan tenaga profesional yang terpercaya dan telah bersertifikat MUI, akan memberikan yang terbaik untuk anda semua.


Komentar